Rabu, 01 Juni 2011

Metode Pengajaran Rasulullah SAW

Oleh : Khairuman Azam (Rayon tarbiyyah dan Keguruan)

Eksistensi Rasulullah sebagai sang edukator telah banyak disinggung didalam Al-Qur’an dan hadits, salah satunya sebagai mana Allah SWT gambarkan dalam surat al-jumu’ah ayat yang ke 2 yang menjelaskan tentang metode pengajaran Rasulullah kepada muridnya –dalam hal ini para Shahabat dan keluarga- tentang Al-Qur’an.

Kemudian dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang menceritakan bahwa Rasulullah diutus oleh Allah SWT untuk sebagai pengajar tidak diragukan lagi tentunya metose pengajaran Rasulullah memiliki banyak metode dalam proses pengajarannya, diantaranya adalah metose modelling, metode graduasi, metode tanya jawab, dll.

Namun metode yang paling urgen dan faktual adalah metode modelling atau memperlihatkan etika yang baik yang artinya dalam konteks metode ini sebelum mengajarkan kepada muridnya beliau terlebih dahulu melakukan hal yang akan diajarkan kemudian setelah itu muridnya pun sontak mengikutinya.
Menjadi uswah yang baik tentunya akan menjadikan suatu produk nilai terhadap diri Rasulullah. Nilai kewibawaan seorang guru dan ketika seorang guru mempunyai kharismatik yang besar maka akan menyebabkan siswa tunduk dan mengikuti apa yang diajarkan oleh guru.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More