Rabu, 01 Juni 2011

Mengenal Fisika

Oleh : Fajar Shidieq Gumelar (Rayon Tarbiyyah dan Keguruan)

Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala alam atau fenomena kehidupan sehari-hari. Disadari atau tidak, kegiatan sehari-hari banyak yang berhubungan dengan hukum-hukum fisika ataupun teori-teori fisika. Seperti contohnya yaitu hukum newton, yakni kuhum yang menjelaskan tentang gaya gesek dan perpindahan.

Dalam perkembangannya, hukum fisika banyak menelurkan ilmuan-ilmuan yang dapat mengubah dunia. Seperti zaman Yunani kuno kita mengenal Archimedes yang merupakan ahli filsafat dan ilmuan pertama yang menemukan hukum tentang massa jenis. Suatu bahan atau benda yang saat ini hukum tersebut banyak dipakai untuk menemukan kadar bahan suatu emas. Pada zaman abad pertengahan ilmu fisika mengalami kemajuan yang sangat pesat diera tersebut dan banyak pula melahirkan ilmuan-ilmuan yang tersohor seperti Galileo Galilei yang menemukan hukum gerak dan juga penemu teropong bintang. Lalu setelah wafatnya Galileo, lahir pula ilmuan yang bernama Sir Issac newton yang berhasil menemukan hukum tentang gravitasi, dan gaya (Hukum Newton I, II, dan III). Buah pemikiran newton  banyak menginspirasi ilmuan-ilmuan yang lain dalam menemukan teori-teori dan hukum baru.

Diawal abad 19 yang merupakan era industri ilmu fisika memiliki peranan besar ketika kita melihat indikasi dari adanya alat-alat yang tercipta yang kini banyak membantu manusia. Seperti halnya mesin uap yang ditemukan oleh James Watt, lampu pijar oleh Thomas Alfa Edison, dll. Dan selanjutnya, memasuki era 20 muncul ilmuan yang berhasil mematahkan teori relativitas miliknya Newton,. Adalah Albert Einstein, dengan teori yang dia sebut sebagai teori Relativitas Khusus atau yang lebih terkenal dengan istilah E=M.C2. Albert juga berperan besar dalam pembuatan Bom Atom yang dijatuhkan di Nagasaki dan Hirosima pada perang dunia II. Hingga saat ini fisika mengalami kemajuan yang cukup pesat. Meskipun dewasa ini didunia Fisika belum melahirkan lagi para ilmuan yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More