Rabu, 01 Juni 2011

Mahasiswa Islam dan Indonesia

Oleh : Arip R.H (Rayon Ushuludin)

Mendengar kata Mahasiswa terlenbih Mahasiswa Islam itus semua bukanlah suatu hal yang aneh untuk diperbincangkan di khalayak. Apa Mahasiswa, apa sebenarnya Islam, dan apa itu Indonesia? Mungkin ketiga kata tersebut terkait esensi tidak banyak lagi pembahasannya oleh kita, namun begitu banyak pertanyaan ketika kita membicarakan esensi dari kata-kata tersebut.

Mahasiswa sering juga disebut sebagai Agen Of Change, kemudian dikatakan bahwasanya Islam merupakan satu-satunya agama yang diakui eksistensinya dan kebenarannya, dan Indonesia adala negara yang kaya akan segalanya. Tapi, ternyata disitulah timbulnya pertanyaan-pertanyaan yang ada pada realitas.

Memang sepatutnya mahasiswa bisa membawa perubahan terhadap kehidupan sosial, tapi tidak sedikit dari mahasiswa yang malah menjadi sampah masyarakat. Dan benar saat berbicara Islam melalui perspektifnya, Islam adalah satu-satunya agama yang diakui eksistensinya dan kebenarannya. Akan tetapi, dika berbicara realitas yang ada orang Islam sendirilah yang menghilang eksistensi dan legitimasi dari sebuah kebenaran Islam itu sendiri.

Lalu berbicara Indonesia yang begitu kaya. Namunjika kita menoleh disekitar kita semua berbalik akan pendapat yang selama ini sudah menjadi dogma yang aksioma. Kemiskinan, kebodohan, dan pendidikan yang sepatutnya dapat dinikmati oleh masyarakat dibiarkan untuk dilantarkan dan hanya menciptakan suatu keprihatinan. Disitulah yang menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua, untuk menjawab apa sebenarnya hal yang tersembunyi dibalik semua ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More