Selasa, 24 Mei 2011

Term Of Refference; Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik


Lampiran I
Term Of Refference
Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik
Menggiring Teriakan Teks akan Perubahan Konteks yang Revolusioner

A.     Nama Materi            : Media dan Perubahan

B.     Tujuan                   :
Peserta memahami akan adanya kekuatan media pada proses perubahan massa. Baik pada element ekonomi, social, politik dan ideologi. Dari pembahasan tersebut, peserta semangat untuk menjadi bagian penting dari perubahan-perubahan itu.

C.     Pokok Bahasan      :
v  Sekilas pengertian Media dan Perubahan
v  Media sebagai salah satu alat perubahan
v  Antara perubahan media dan perubahan social

D.     Metode                   :
v  Ceramah
v  Dialog
v  Diskusi Bersama

E.      Waktu                     : Jum’at, 27 Mei 2011. Pkl; 15.30-17.30. Selama 120 Menit

F.      Peralatan                : Spidol besar, kertas plano,makalah, infokus, power point

G.     Moderator              :

H.     Proses Kegiatan     :
v  Orientasi sessi dan pengenalan Narasumber oleh Moderator                    10 Menit
v  Presentasi oleh Narasumber                                                                  60 Menit
v  Dialog bersama Narasumber                                                                  40 Menit
v  Penyimpulan bersama dipandu oleh moderator                                        10 Menit

I.        Ringkasan  :
Segala sesuatu tentu mengalami perubahan kecuali Dia tentunya. Baik itu perubahan yang bersifat ideal maupun material. Perubahan-perubahan itu  bukan hanya dipengaruhi oleh sesuatu yang rill tetapi ada pengaruh yang bersifat abstrak. Salah satu unsure perubahan itu adalah media, walau terlihat kompleks dengan arah awal dan akhir namun tetap memiliki keterikatan antara perubahan dan media, media dari hasil perubahan serta perubahan yang berubah tanpa unsure media itu sendiri.
 
Lampiran I
Term Of Refference
Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik
Menggiring Teriakan Teks akan Perubahan Konteks yang Revolusioner

A.     Nama Materi            : Mengenal Pers Indonesia

B.     Tujuan                   :
Peserta memahami perkembangan Pers di Indonesia. Sejarah bangkit dan keterpurukannya serta pola di antara keduanya. Mendapatkan contoh-contoh dari keseluruhan sejarah tersebut.

C.     Pokok Bahasan      :
v  Sejaran Pers di Indonesia
v  Pers Indonesia kini
v  Bukti Sejarah Perubahan Indonesia akan Keberadaan Pers
v  Pers Mahasiswa

D.     Metode                   :
v  Ceramah
v  Dialog
v  Diskusi Bersama

E.      Waktu                     : Jum’at, 27 Mei 2011. Pkl; 18.30-20.00. Selama 90 Menit

F.      Peralatan                : Spidol besar, kertas plano, makalah, infokus, power point

G.     Moderator              :

H.     Proses Kegiatan     :
v  Orientasi sessi dan pengenalan Narasumber oleh Moderator                    10 Menit
v  Presentasi oleh Narasumber                                                                  30 Menit
v  Dialog bersama Narasumber                                                                  40 Menit
v  Penyimpulan bersama dipandu oleh moderator                                        10 Menit

I.        Ringkasan  :
Berbicara soal sejarah pers di Indonesia, sejak zaman penjajahan sampai Indonesia merdeka hingga Soeharto lengser keprabon, Negara Indonesia menganut system pers otoritarian. Selama pemerintah orde baru selalu digembor-gemborkan Indonesia menganut system pers Pancasila yang bertanggung jawab. Tapi sayangnya, bertanggung jawab pada penguasa. Nakala prilaku pers tidak berkenan di mata penguasa, maka pembredelan atau pembatalan SIUPP menjadi ancamannya. Bagaiman dengan kondisi pers sekarang?
Lampiran I
Term Of Refference
Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik
Menggiring Teriakan Teks akan Perubahan Konteks yang Revolusioner
A.     Nama Materi            : Teknik Reportase dan Wawancara

B.     Tujuan                   :
Peserta dapat meningkatkan daya informannya dalam pencariat data informasi, mampu mengolah data, dan memahami metode proses pengolahan data menjadi berita yang layak dikonsumsi masyarakat. Peserta pun diarahkan untuk memahami berbagai jenis wawancara, cara penulisan hasil wawancara dan bagaimana di lapangan menjadi penanya yang baik dan handal.

C.     Pokok Bahasan      :
v  Teknik Pencarian Data/Informasi
v  Jenis Wawancara
v  Tata cara penulisan pedoman wawancara yang baik
v  Teknik bertanya

D.     Metode                   :
v  Ceramah
v  Dialog
v  Diskusi Bersama

E.      Waktu                     : Jum’at, 27 Mei 2011. Pkl; 20.00-21.30. Selama 90 Menit

F.      Peralatan                : Spidol besar, kertas plano,makalah, infokus, power point

G.     Moderator              :

H.     Proses Kegiatan     :
v  Orientasi sessi dan pengenalan Narasumber oleh Moderator                    10 Menit
v  Presentasi oleh Narasumber                                                                  40 Menit
v  Dialog bersama Narasumber                                                                  30 Menit
v  Penyimpulan bersama dipandu oleh moderator                                        10 Menit
I.        Ringkasan             :
Reportase dan wawancara adalah dua kata kerja yang berkonotasi mencari data atau informasi. Di sana tentu ada pelaku yang menjalankan keduanya yang memang harus mengetahui cara dan teknik tertentu dalam mendapatkan data informasi tersebut. Setelah mendapatkan data informasi itu pun tidak langsung ditulis dan dipublikasikan begitu saja, akan tetapi ada langkah-langkah yang memungkinkan data informasi tersebut menjadi satu pemberitaan yang bukan hanya menarik tapi layak dikonsumsi khalayak umum.
Lampiran I
Term Of Refference
Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik
Menggiring Teriakan Teks akan Perubahan Konteks yang Revolusioner
A.     Nama Materi            : Teknik Penulisan Berita dan Feature

B.     Tujuan                   :
Peserta dapat mengerti akan pengertian berita, jenis-jenis berita dan cara pengolahan bahasa jurnalistik dalam pengelolaan bahan atau data informasi menjadi sebuah berita yang tertuang dalam teks. Peserta pun mampu menata-letakan dalam penyusunan berita.

C.     Pokok Bahasan      :
v  Pengertian Berita
v  Karakteristik Berita
v  Teknik Pengolahan Data
v  Proses Pembuatan Berita
v  Kelayakan Berita
v  Teknik pengolahan Bahasa Jurnalistik
v  Pengertian dan Cara Penulisan Feature

D.     Metode                   :
v  Ceramah
v  Dialog
v  Diskusi Bersama

E.      Waktu                     : Jum’at, 27 Mei 2011. Pkl; 21.30-23.00. Selama 90 Menit

F.      Peralatan                : Spidol besar, kertas plano,makalah, infokus, power point

G.     Moderator              :

H.     Proses Kegiatan     :
v  Orientasi sessi dan pengenalan Narasumber oleh Moderator                    10 Menit
v  Presentasi oleh Narasumber                                                                  40 Menit
v  Dialog bersama Narasumber                                                                  30 Menit
v  Penyimpulan bersama dipandu oleh moderator                                        10 Menit

I.        Ringkasan             :
Segala teori yang dipahami secara sebenar-benarnya tentu menjadi salah satu unsur keberhasilan tujuan. Begitu pun dengan teori berita dan cara penulisan berita. Olahan yang baik akan data dan informasi memungkinkah hasilnya menjadi berita yang menarik dan layak. Baik olahan dalam bagian bahasa maupun cara bagaimana penempatan pada setiap esai untuk berita tersebut. Hasil dari langkah-langkah itu tentu bertujuan bukan hanya pada menarik atau tidaknya berita dari sisi bahasa saja, tetapi bagaimana berita itupun menjadi lebih segar dikonsumsi ketika penempatan dari setiap berita sesuai dengan keilmuan yang berkembang.
Lampiran I
Term Of Refference
Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik
Menggiring Teriakan Teks akan Perubahan Konteks yang Revolusioner
A.     Nama Materi            : Teknik Penulisan Tajuk Rencana, Artikel dan Resensi

B.     Tujuan                   :
Peserta dapat memahami pelbagai perbedaan tulisan. Pun mengerti akan penyusunan tulisan, di antaranya feature, artikel dan resensi. Cara penyimpulan dan pengambilan tema dari setiap jenis tulisan serta cara mengedit tulisan-tulisan tersebut.

C.     Pokok Bahasan      :
v  Pengertian Tajuk Rencana
v  Karakteristik Tajuk Rencana
v  Pengertian Artikel
v  Karakteristik Artikel
v  Teknik pemilihan Tema
v  Pengertian Resensi
v  Karakteristik Resensi
v  Struktur Resensi

D.     Metode                   :
v  Ceramah
v  Dialog
v  Diskusi Bersama

E.      Waktu                     : Sabtu, 28 Mei 2011. Pkl; 08.00-10.00. Selama 120 Menit

F.      Peralatan                : Spidol besar, kertas plano,makalah, infokus, power point

G.     Moderator              :

H.     Proses Kegiatan     :
v  Orientasi sessi dan pengenalan Narasumber oleh Moderator                    10 Menit
v  Presentasi oleh Narasumber                                                                  60 Menit
v  Dialog bersama Narasumber                                                                  40 Menit
v  Penyimpulan bersama dipandu oleh moderator                                        10 Menit

I.        Ringkasan             :
Salah satu media bagaimana ide bisa ditampakkan adalah dengan menuangkannya dalam tulisan. Berbagai jenis tulisan tentu mempengaruhi dan dipengaruhi dari jenis ide yang akan dituangkan dalam tulisan. Tajuk Rencana, artikel, dan resensi adalah sebagian dari jenis-jenis tulisan. Setiap jenis tersebut pun tentu memiliki karakteristik dan cirri masing-masing. Lalu bagaimana aturan main dari setiap tulisan di atas?


Lampiran I
Term Of Refference
Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik
Menggiring Teriakan Teks akan Perubahan Konteks yang Revolusioner
A.     Nama Materi            : Jurnalistik Photografi

B.     Tujuan                   :
Peserta memahami maksud dan pengertian jurnalistik photografi, media pengambilan gambar, dan lihai dalam teknik pengambilan gambar. Peserta pun didorong untuk mengetahui cara pengolahan gambar yang telah didapatkan dengan program-program standar media.

C.     Pokok Bahasan      :
v  Jurnalistik Photografi
v  Jenis Alat Pengambilan Gambar
v  Teknik Pengambilan Gambar
v  Program Editing Standar Media
v  Teknik Editing

D.     Metode                   :
v  Ceramah
v  Dialog
v  Diskusi Bersama

E.      Waktu                     : Sabtu, 28 Mei 2011. Pkl; 10.00-11.30. Selama 90 Menit

F.      Peralatan                : Spidol besar, kertas plano, makalah, infokus, power point

G.     Moderator              :

H.     Proses Kegiatan     :
v  Orientasi sessi dan pengenalan Narasumber oleh Moderator                    10 Menit
v  Presentasi oleh Narasumber                                                                  30 Menit
v  Dialog bersama Narasumber                                                                  40 Menit
v  Penyimpulan bersama dipandu oleh moderator                                        10 Menit

I.        Ringkasan             :
Gamabar sebagai penguat cerita, berita, dan bukti untuk penaskahan dinilai urgen dalam proses kegiatan jurnalistik. Hal itu bukan hanya pada proses pembelajaran jurnalistik tersebut, tetapi lebih kepada bagaimana penerima berita memahami informasi dengan gambaran konteks yang sesungguhnya.


Lampiran I
Term Of Refference
Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik
Menggiring Teriakan Teks akan Perubahan Konteks yang Revolusioner
A.     Nama Materi            : Reka bentuk Surat Kabar (Lay-Out)

B.     Tujuan                   :
Peserta dapat memahami proses perekaan bentuk Surat Kabar. Lihai dalam penataan dan menyeimbangkan antara penempatan gambar dan teks, sehingga pembaca pun bukan hanya sekedar mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tetapi jauh lebih menjadikan surat kabar sebagai inspirasi dari letak yang disajikan.

C.     Pokok Bahasan      :
v  Teknik Editing
v  Bentuk Lay-Out
v  Reka tempat pemasaran dan berita

D.     Metode                   :
v  Ceramah
v  Dialog
v  Diskusi Bersama

E.      Waktu                     : Sabtu, 28 Mei 2011. Pkl; 12.30-14.00. Selama 90 Menit

F.      Peralatan                : Spidol besar, kertas plano,makalah, infokus, power point

G.     Moderator              :

H.     Proses Kegiatan     :
v  Orientasi sessi dan pengenalan Narasumber oleh Moderator                    10 Menit
v  Presentasi oleh Narasumber                                                                  40 Menit
v  Dialog bersama Narasumber                                                                  30 Menit
v  Penyimpulan bersama dipandu oleh moderator                                        10 Menit

I.        Ringkasan             :
Salah satu media bagaimana ide bisa ditampakkan adalah dengan menuangkannya dalam tulisan. Berbagai jenis tulisan tentu mempengaruhi dan dipengaruhi dari jenis ide yang akan dituangkan dalam tulisan. Feature, artikel, dan resensi adalah sebagian dari jenis-jenis tulisan. Setiap jenis tersebut pun tentu memiliki karakteristik dan cirri masing-masing. Lalu bagaimana aturan main dari penempatan setiap tulisan di atas?
Lampiran I
Term Of Refference
Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik
Menggiring Teriakan Teks akan Perubahan Konteks yang Revolusioner
A.     Nama Materi            : Managemen Pers dan Media Massa

B.     Tujuan                   :
Peserta dapat memahami prinsi-prinsip dasar managemen pers dan media massa, perencanaan dalam menyusun media, segmentasi media dan target serta posisi media. Peserta pun di arahkan memahami pengelolaan dan pe-managemenan redaksi.

C.     Pokok Bahasan      :
v  Prinsip-Prinsip Dasar
v  Perencanaan Media
v  Segmentasi Media
v  Targetting dan Positioning Media
v  Managemen Keredaksian

D.     Metode                   :
v  Ceramah
v  Dialog
v  Diskusi Bersama

E.      Waktu                     : Sabtu, 28 Mei 2011. Pkl; 16.00-18.00. Selama 120 Menit

F.      Peralatan                : Spidol besar, kertas plano, makalah, infokus, power point

G.     Moderator              :

H.     Proses Kegiatan     :
v  Orientasi sessi dan pengenalan Narasumber oleh Moderator                    10 Menit
v  Presentasi oleh Narasumber                                                                  60 Menit
v  Dialog bersama Narasumber                                                                  40 Menit
v  Penyimpulan bersama dipandu oleh moderator                                        10 Menit

I.        Ringkasan             :
media massa dewasa ini merupakan lembaga pusat informasi yang mempunyai perana  penting dalam suatu perubahan dimasyarakat. Pengelolaan media massa menjadi suatu hal yang penting dalam mengefektifkan media dalam segi pengtransformasian informasi kepada khalayak.
Lampiran I
Term Of Refference
Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik
Menggiring Teriakan Teks akan Perubahan Konteks yang Revolusioner
A.     Nama Materi            : Analisis Teks Media

B.     Tujuan                   :
Peserta dapat memahami prinsi-prinsip dasar managemen pers dan media massa, perencanaan dalam menyusun media, segmentasi media dan target serta posisi media. Peserta pun di arahkan memahami pengelolaan dan pe-managemenan redaksi.

C.     Pokok Bahasan      :
v  Analisis Wacana dalam studi linguistic

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More