Jumat, 25 Februari 2011

PEMBANGUNAN DALAM PRESPEKTIF SOSIOLOGI



Oleh : edang sopian

Walau untu berbagai orang,kata pembangunan memilliki makna yang berbeda, namun ada satu hal yang secara luas telah disepakati, yaitu pembangunan berarti perubahan. Pembangunan seringkali digunakan dalam pengertian yang sempit, yaitu untuk industrialisasi atau modernisasi, akan tetapi dalam penngertian yang lebih besar ini berarti meningkatkan standar hidup masyarakat sebagaimana meningkatkan tingkat keluhuran manusia dalam masyarakat tertentu.
Adapun perkembangan keilmuan sosiologi pembangunan itu sendiri berkembang sejak awal 1960-an, dimana teori-teorinyapun banyak dipengaruhi oleh para ahli sosiologi seperti halnya Max Weber, Edward Shill, Durkheim dan lain sebagainya.
Pembangunan menurut Goulet (1971: x) pembanguna adalah upaya menaikan kemanusiaan yang utuh dari seluruh manusia dan masyarakat. Oleh beberapa orang pembangunan dipandang sebagai proses sosialdari modernisasi yang sangat dipengaruhi oleh rancangan manusia dan juga yang lainnya (Milton Esman, 1966: 59-112) seperti proses histories -evolusioner yang hanya sedikit dipengaruhi oleh upaya yang terarah.
Richard Gable (1976: 68) merumuskan pembangunan sebagai proses perubahan sosialyang transpormasi struktur dasar dan fungsional dilakukan dalam satu sistem sosial sehingga kebebasan berbuat dari rakyat ditingkatkan, alternatifnya diperbanyak dan kemampuannya untuk mengendalikan lingkungan fisik, sosial, dan budaya diperbesar, sementara Geiger (1962: 47) membedakan pembanguna dari pertumbuhan dan Lerner (1958) menyamakannya dengan modernisasi dan pembaratan. Ali mazru (1978: 156) memndang pembangunan sama dengan modernisasi ditambah dengan keseimbangan sosial-ekonomi minus ketergantungan dan Braibanti (1979) memandang sebagai sesuatu yang kontekstual,lintasan tindak –linier dan rangkainnya tidak pernah terhenti.
Sementara para pemikir Marxis memandang masalah pembangunan sebagai Sesutu yang sederhana saja, yaitu gerakan menuju masyarakat tanpa kelas dan tanpa negara yang dikenal dengan dictum dari setiaporang (dituntut sesuai dengan kemampuannya dan setiap orang memperoleh imbalan selaras dengan kebutuhannya.
Rumusan-rumusan tersebut menawarkan berbagai ragam definisi pembangunan yang kadangkala juga saling bertentangan. Dalam hal ini sering sekali kita menemukan berbagai model dan pendekatan yang dilakukan untuk mengartikan pembangunan itu sendiri seperti halnya yang dikemukakan oleh :
a. Pendekatan legal-administratif, yang meletakan pembangunan dalam pengertian rumusan konstitusional serta kemampuan untuk menjaga hokum serta ketertiban, efesiensi, rasionalitas, dan netralitas, Max Weber merupakan tokoh alliran ini.
b. Model sistem fungsional, seperti yang banyak dirumuskan oleh ahli teori: Talcott Parsons, Marion Levy, R.K.Merton dan A.Radcliffe-Brown,mereka menitikberatkan perhatian pada ketergantungan, kestabilitasan sosial,dan keseimbangan. Almond dan Coleman mungkon dapat dikatakan telah melahirkan karya cemerlang yang mewakili mazhab ini yaitu, “The politics of Developing Area”(1960).
c. Pendekatan ekonomi, yang masyarakat terbentuknya modal dan prasarana ekonomi yang memadai sebagai sarat terpenting untuk mencapai pembangunan politik dan demokrasi yang stabil.W. W Rostow (1960) dapat dikatakan sebagai pelopor aliran ini.
d. Model Elit dinyatakan dalam karya Edward Shill yaitu political development in the new states (1965), ia memperlihatkan bahwa tugas utama kelas pemguasa dinegara baru adalah “menutupi kesenjangan” antara inspirasi intelektual yang jumlahnya sedikit dengan massa yang jumlahnya banyak.
e. Pendekatan komunikasi direfleksikan pada karya Karl W. Deutsch “Nationallism and social communications (1953) dan Daniel Lerner (1958) dan juga Lucian W. Pye.

Dari penjelasan tentang teori dan pengertian pembangunan itu sendiri tentunya dari setiap tokoh mempunyai cara pandang yang berbeda, namun menjadikan sebuah kewajaran adanya suatu perbedaan karena hal ini bukan sesuatu yang mutlak adanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More